Latest News

Thursday 10 March 2016

Untung besar panen Lada

masyarakat selama ini sudah dihebohkan dengan untung besar panen lada dikarenakan harga jual yang relatif sangat tinggi dan mahal hingga mencapai Rp 120.000/Kg.
Lada Putih

Lada Hitam


Para sobat sekalian disini bang noris akan memberikan contoh pengolahan saat panen lada.


Ada 2 cara untuk mengolah lada :


Menghasilkan lada putih.


  • Setelah lada dipanen rendam lada dalam karung di air yang mengalir selama 2 hari, 
  • Perendaman dapat dilakukan dalam karung atau keranjang, dalam air yang mengalir atau kolam perendaman dan harus terendam sepenuhnnya
  • Perendaman yang dilakukan dalam air yang tidak mengalir, harus dilakukan penggantian air paling tidak 2 hari sekali. 
  • Pada perendaman dalam air yang mengalir harus dipastikan bahwa tidak ada aktivitas sehari-hari yang dilakukan dibagian hulunya.
  • Karung harus dibolakk-balik dari waktu ke waktu untuk menjamin proses perendaman yang merata, Proses perendaman dilakukan sampai kulit lunak untuk memudahkan proses pengupasan pada pemisahan kulit dari biji.
  • dalam proses pengeringan  Lada sebaiknya dikeringkan dibawah sinar matahari untuk mendapatkan warna putih kekuningan, pada suatu wadah bersih jauh diatas permukaan tanah.
  • Biji lada putih yang telah kering, harus dihembus, dipilih dan dibersihkan untuk memisahkan kulit, tangkai buah atau benda asing lainnya.
  • Biji lada dapat dihembus dengan mengalirkan angin untuk menghilangkan sisa kulit lada atau debu dan diayak untuk menghilangkan sisa-sisa daun dan tangkai buah lada.

Menghasilkan lada Hitam: 

  • Untuk lada hitam, hanya buah lada yang telah matang dapat dipanen, ditandai dengan satu atau dua buah lada dalam satu tangkai yang telah berubah warnanya menjadi kuning
  • Buah lada harus dirontok untuk memisahkan buah lada dengan tangkainya.
  • Buah lada yang telah dirontok harus dicuci di dalam air yang bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel, serangga atau kontaminan lainnya yang mungkin ada.
  • Buah lada yang telah dirontok harus diayak untuk memisahkan biji buah lada yang kecil, tidak matang dan lada menir, dimana bahan-bahan tersebut dapat mempengaruhi mutu lada hitam kering.
  • Lada yang sudah bersih dicelup antara 1 sampai dengan 2 menit di dalam air panas 800C untuk mengurangi cemaran, memudahkan pengeringan dan meningkatkan penampilan dari lada hitam kering.  
  • Penjemuran : lada dapat dikeringkan dibawah sinar matahari, pada suatu wadah bersih jauh diatas permukaan tanah. Daerah tempat pengeringan harus diberi pagar atau terlindung dari hama atau binatang peliharaan. Pastikan bahwa lada cukup kering, untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh jamur atau bahan-bahan kontaminan lainnya, khususnya bila tidak ada panas atau sinar matahar. 
  • Biji lada dapat dihembus dengan mengalirkan angin untuk menghilangkan sisa kulit lada atau debu dan diayak untuk menghilangkan sisa-sisa daun dan tangkai buah lada.
  • Biji lada dapat dihembus dengan mengalirkan angin untuk menghilangkan sisa kulit lada atau debu dan diayak untuk menghilangkan sisa-sisa daun dan tangkainya.
  • Biji lada dapat dihembus dengan mengalirkan angin untuk menghilangkan sisa kulit lada atau debu dan diayak untuk menghilangkan sisa-sisa daun dan tangkai buah lada,
Begitulah cara untuk mendapatkan hasil lada putih dan hitam yang baik,.sekarang dipasaran dunia harga lada semangkin melambung tinggi sekarang pada tahun 2016 harga lada mencapai Rp 120.000/Kg,

artikel terkait : peluang investasi lada

Gunaratne menambahkan, saat ini permintaan lada dunia mencapai 328.000 metric ton (MT) per tahun,.Sementara produksi dunia hanya masih di bawah 300.000 MT per tahun.


Hal itu memicu harga lada hitam pada 2013,6 dolar AS naik nenjadi 9 dolar AS per kilogram saat ini. Begitu juga lada putih yang baik dari 14 menjadi 15 dolar AS per kilogram., Meskipun demikian, Gunaratne menyangkan produksi lada Indonesia yang saat ini hanya sekitar 60.000 MT per tahun. Jumlah itu membuat Indonesia berada di ranking kedua, karena produksinya tergeser oleh Vietnam yang bisa mencapai 100.000 MT per tahun,hal ini dikarenakan indonesia tidak menerapkan cara ampuh menanam lada.


Sekarang yang lebih menikmati  dari hasil panen lada adalah di daerah kabupaten sambas (Kal-bar), Dengan harga jual yang tinggi itu, tahun ini masyarakat sambas bisa merasakan paling sedikit panen lada putih senilai Rp52 juta atau 400 kilogram di atas lahan 0,5 Ha,.


Baiklah para sobat agro semua,.semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para sobat semuanya,dan sobat bisa meraih untung besar panen lada.

info menarik lainnya :


No comments:

Post a Comment