Latest News

Thursday 10 March 2016

Cara ampuh menanam Lada

oke para sobat,.disini saya akan menjelaskan tentang cara ampuh menanam lada gak heran sekarang banyak masyarakat mengisi tanah kosong mereka dengan cara bercocok tanam,baik itu sayuran,pohon-pohon,buah-buahan dan lain sebagainya,.di karenakan tanah merupakan sumber daya alam yang sangat meyakinkan untuk pertumbuhan masyarakat..




sekarang banyak masyarakat berebut-rebut bercocok tanam lada,yang hasilnya sangat menguntungkan,dari hasil jual perkilo mencapai hingga Rp 200.000,.banyak orang jjuga meremehkan tentang budidaya perkebunan lada ini di karenakan waktu panen yang cukup lumayan lama,.klo di pikir ini emang hal wajar,kesuksesan gak semudah kita membalikkan telapak tangan,paling pokok ialah kesabaran...

artikel terkait : untung besar dari budidaya lada

 kebanyakan perkebunan lada ini dilakukan di daerah yang berdataran tinggi atau bisa dikatakan jauh dari genangan air,seperti banjir dan air pasang,.contoh seperti di daerah kabupaten sambas tepatnya di kecamatan paloh masyarakat banyak mempunyai perkebunan lada,dan menggunakan tehnik cara amapuh menanam lada tempat yang sangat pas untuk bercocok tanam dengan kondisi tanah yang gembur dan jauh dari genangan air..harga bibit lada juga tidak terlalu mahal,hanya Rp 3000/batangnya,.
cara menanamnya juga tidak terlalu sulit,yang penting harus mempunyai kondisi tanah yang jauh dari genangan air,bisa di bilang klo daun sirih bisa hidup,maka lada juga akan bisa tumbuh dengan baik di tanah saudara,.setiap batang lada selalu menghasilkan paling sedikit 2-3 Kg/batang,apakah lebih menguntungkan lagi kalo saudara mempunyai tanah yang lebih luas hingga bisa menanam ratusan sampai ribuan batang lada,.


cara penanaman sangat gampang dan peraktis:

  1. buat gundukan tinggi untuk yang di daerah dataran rendah.
  2. buatlah kayu pemanjat untuk lada ukuran 1,5 meter.
  3. tanam kayu pemanjat sedalam 50 cm kedalam tanah.
  4. beri jarak 1 meter dari setiap batang pemanjat.
  5. cari bibit yang unggul dalam poli bag yang mempunyai batang yang tegap yang sudah memiliki 4 ruas,kalo belum lakukan pembibitan sendiri dulu.
  6. embunkan bibit 1 malam sebelum di tanam
  7. tanamlah bibit lada berserta tanah yang ada dalam poly bag tersebut
  8. apabila tangkai lada mulai menjalar,jangan lupa tahan tangkai lada di tiang pemanjat
  9. usahkan pangkas ujung tangkai lada yang ingin menjalar keluar dengan pemangkas ringan pada musim kemarau dan pemangkas berat pada musim penghujan,:tujuannya ialah untuk memperoleh cabang buah yang lebih banyak.
  10. ingat,,,selalu lakukan pemupukan yang baik dan benar.
  • untuk tanaman yang masih muda untuk umur 8-12 bulan gunakan pupuk UREA=50gr/pohon/tahunnya,TSP= 25gr/pohon/tahunnya dan KCL=20gr/pohon/tahunnya.
  • untuk umur 1-2 tahun tingkatkan pupuk menjadi dua kali lipat seperti di atas,UREA=100gr,TSP=50gr dan KCL=40gr.
  • pada umur 2-3 tahun gunakan UREA=200gr,TSP=100gr,KCL=80gr.
  • jenis lada yang sudah mau di produksi,gunakan pupuk  UREA=400-500 kg/Ha/tahunnya,TSP=400-500kg/Ha/tahunnya dan KCL= 300-400kg/Ha/tahunnya.
 pupuk UREA,TSP dan KCL harus dicampur pada masa pemupukan dan pemupukan harus di habiskan dalam 1 kali pemupukan.,para teman agro semua ini lah cara ampuh menanam lada yang bisa saya uraikan.,selamat mencoba.

artikel terkait :

No comments:

Post a Comment