Latest News

Tuesday 1 March 2016

Kacer culun menjadi spontan berkicau

hallo sobat kicau...."semoga selalu semangat dalam hari-hari kesulitan..",disini saya akan berbagi  tentang kacer culun menjadi spontan berkicau kita ketahui sebelumnya bahwa burung kacer ini mempunyai keunikan dari suara dan cara pemeliharaan yang sangat mudah.

"disini saya mau sedikit berbagi tentang burung kacer culun menjadi spontan berkicau yang saya pelihara pertama kali pada tahun 2010,.sebelumnya saya tidak berminat sama sekali dengan namanya burung,".tapi setelah melihat lingkungan perumahan saya yang banyak memelihara burung  elit-elit ampe puluhan juta rupiah,akhirnya saya coba-coba membeli seekor burung kacer seharga Rp 20.000 dari petani setempat,"yaaaa...walaupun cuma kacer sih....??!!"..heheee

"satu hari setelah saya membeli si kacer lalu saya perhatiin bener-bener apa sih sebenarnya kelebihan burung ini,dengan hati dan fikiran masih kurang tentang burung akhirnya saya bikin sangkar sendiri lalu saya masukan si kacer pada lingkungan baru",..setelah beberapa hari saya lihat tuh burung biasa aja gak ad bunyi-bunyinya sama sekali..hmmm",saya berfikir gk apa-apa yang penting kasih makan cacing tanah terus.,pemula emg begitu sob,kasih makan apa aja yg penting enak dapetinnya..hee"
singkat cerita nih ya sobb,,,udh mau 2 bulan burung yang saya beli masih gk bunyi ama sekali.

tiba-tiba di waktu sore ibu saya ngasih makan si kacer PERUT IKAN,saya mikir itu cuma hal biasa yang dikasihin am burung..tiba setengah jam kemudian kacer yang saya meliki bersiul kecil,ya cuma sekedar siul aja sih pikir saya..terus keesokan harinya saya kasih perut ikan lagi karna pengen ngeliat kelebihan dari si kacer..",gk lupa juga sekali-sekali saya semprot si kacer pake penyemprot bunga ibu saya,,hee,,gak lama setelah dikasih makan perut ikan,sikacer malah berkicau dengan lantang sambil burung murai tetangga sebelah ikut berkicau juga,.akhirnya saya tau rupanya kelebihan si kacer adalah dari irama nada yang selalu dikeluarkan seaakan menantang burung lain di sekitar..nah sobat kicau susok_sasap singkat cerita sampai sekarang si kacer yang saya miliki dulunya culun sekarang malah jadi raja di lingkungan perumahan saya,tetangga sempat gak percaya klo kacer yang saya beli cuma 20 rebu...heheeee,,,sampai sekarang  saya selalu rutin ngasih si kacer perut ikan yaaa paling nggak 2-3 hari baru di kasih lagi...

okee sobat kicau susok_sasap lebih enaknya lagi saya kasih tips yang saya lakukan sampai sekarang buat sikacer...
  1. sekitar jam 6 pagi keluarin tuh kacer dari rumah,bersihin sangkar si kacer,lepesin dulu tuh krodongnya biarin si kacer ngirup udara segar,apalgi klo di deket rumah sobat ada pohon rindang malah lebih baik buat si kacer menghirup udara sehat .
  2. jam 7 pagi mulai jemur si kacer di samping pohon rindang pas di celah sinar matahari sekitar kurang lebih 3 jam sambil di mandiin dengan cara di semprot cukup sekitar 3 menit  boleh juga dijemur di tempat terbuka,.
  3. jam 9 pagi anginkan kembali si kacer,jauhkan dari sinar matahari,ganti tuh makanannya klo yg pake poer,minumnya setiap hari juga hrus di ganti,labih baik lagi air minum yang bersih/mineral..jam segitu waktu ngasih makan si kacer boleh jangkrik,kroto (cukup 1 sendok makan),cacing tanah,jangan lupa tuh klo mau si kacer gak culun setiap hari "PERUT IKAN"..hee,.hal biasa tpi berkhasiat buat si kacer..porsikan selalu makanan si kacer ya sobb.."kemudian biarin si kacer di dalam sangkar tanpa harus di krodong lagi sampai sore
  4. sekitar jam 4 sore,semprot kembali sikacer,.si kacer cukup di mandiin 2x/hari,,kemudian kasih kacer jangkrik 2-3 ekor untuk menjaga kelantangan suara si kacer,kemudian anginkan kembali cukup sampai jam 5..
  5. terakhir,sebelum di krodong dan di simpan bersihin kembali sangkar si kacer agar terhindar dari kutu..
"tips yang saya berikan bukan hal yg gk pernah saya lakukan,malah hal rutin setiap hari sobb,.",berikan yang terbaik buat kacer kalian sobb,.hal enteng yang nantinya akan menghasilkan keuntungan lebih tinggi dan lebih besar lagi,.makanan alam lebih baik di banding makanan pabrik,."

"wokeeehh sobat kicau,,,semoga apa yang saya bagikan tentang kacer culun menjaadi spontan berkicau bisa bermanfaat untuk para sobat kicau semua...kesulitan akan selalu berujung dengan keberhasilan"..WASSALAM,

artikel terkait :

No comments:

Post a Comment